klik link dibawa ini agar kumplit
Laporan KUNJUNGAN INDUSTRI
JOGJA T-SHIRT
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh:
Nama :
Nafisatun azizah
NIS : 6959
Kelas : XII TKJ (Tehnik
komputer dan jaringan)
SMK PGRI 1 KEBUMEN
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISMAN DAN TEKINFOKOM
Jalan cincin kota No.201, Telp.(0287)-382808,
Karangsari, Kebumen.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB
I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
MASALAH
B.
TUJUAN KUNJUNGAN
INDUSTRI
C.
TUJUAN PEMBUATAN
LAPORAN
D.
SASARAN / TARGET
E.
WAKTU DAN TEMPAT
F.
PENGOLAHAN DATA
G.
METODE PENGUMPULAN
DATA
BAB
II PEMBAHASAN
A.
TUJUAN USAHA
PEMBUATAN KAOS T-SHIRT
B.
SEJARAH PERUSAHAAN
C.
VISI
D.
MISI
E.
SISTEM PENYIMPANAN
DAN PENGELUARAN BAHAN BAKU DAN BAHAN JADI
F.
MASA ANTISIPASI
G.
MASA PEMASARAN
H.
PENGOLAHAN LIMBAH
DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN
BAB
III PENUTUP
A.
KESIMPULAN
B.
SARAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Sekolah
menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu sarana yang mendidik tenaga kerja
trampil siap pakai dan dalam dunia usaha industri guna membekali siswa siswi di
SMK setelah tamat dari pendidikanya, maka berdasarkan Kurikulum dan KKM di
sekolah kejuruan khususnya sekolah kejuruan kelompok bisnis dan manajemen
diharuskan mengadakan kegiatan berupa kunjungan industri yang mewajibkan setiap
siswa kelas XII untuk mengikutinya. Setelah selesai mengikuti kunjungan
industri tersebut merupakan syarat bagi siswa untuk mengikuti ujian nasional
dan ujian sekolah, selain itu juga laporan tersebut merupakan bukti bahwa siswa
telah mengikuti kunjungan industri. Laporan kunjungan industri tersebut berisi
data-data tentang perusahaan atau instansi yang dikunjunginya.
B.
TUJUAN KUNJUNGAN
INDUSTRI
Tujuan
kunjungan industri ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan kaos
t-shirt. Di produksi kemana kaos t-shirt tersebut serta dampak apa saja yang
dapatitimbulkan dari pembuatan produk ini bagi lingkungan di kawasan itu
sendiri.
C.
TUJUAN PEMBUATAN
LAPORAN
Maksud
dan tujuan pembuatan laporan ini tidak jauh berbeda dengan tujuan di adakanya
kunjungan industri. Namun hal-hal yang membedakan di antara keduanya yaitu:
1.
Melatih siswa agar
dapat berfikir secara ilmiah dalam mengerjakan hasil laporan kunjungan industri
tersebut.
2.
Mendidik siswa
untuk belajar disiplin serta tanggung njawab terhadap tugas yang di berikan.
D.
SASARAN DAN TARGET
Sasaran
pelaksanaan kunjungan industri siswa SMK PGRI 1 KEBUMEN tahun 2015/2016
khususnya kelas XII (dua belas) untuk semua program keahlian/kejuruan.
E.
WAKTU DAN TEMPAT
Kunjungan
industri SMK PGRI 1 KEBUMEN di laksanakan pada tanggal 15 desember 2015 di
laksanakan di JOGJA T-SHIRT
F.
PENGELOLAAN DATA
Dilakukan
dengan cara sebagai berikut :
1.
Mengumpulkan data
dengan berbagai metode
2.
Menyeleksi data
3.
Mengkonsultasikan
judul yang akan dibuat
4.
Membuat kerangka
laporan
5.
Mengembangkan
kerangka laporan
6.
Membuat konsep
laporan
7.
Mengetik laporan
dengan komputer / dengan menulis tangan sendiri
G.
METODE PENGUMPULAN
DATA
Metode
pengumpulan data dengan cara :
1.
Metode observasi yaitu
metode dengan cara melihat langsung pada objek penelitian.
2.
Metode interview
yaitu metode dengan cara bertanya njawab kepada sumbe informasi / karyawan.
3.
Metode dokumenter yaitu metode dengan
memperoleh data dengan cara pengamatan atas data-data/dokumen-dokumen yang
mendukung penelitian.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
TUJUAN USAHA
PEMBUATAN KAOS T-SHIRT
Tujuan dalam usaha pembuatan
kaos t-shirt adalah untuk ikut berperan serta melestarikan kesenian tradisional
jogja, dan mengembangkan bakat-bakat dalam bidang pembuatan kaos t-shirt.
B.
SEJARAH PERUSAHAAN
SHOWROOM JOGJA T-SHIRT
Di hari kelahiran JOGJA
T-SHIRT 17 Agustus 2009 JOGJA T-SHIRT membuat sebuah karya yang membanggakan,
tidak tanggung- tanggung sebuah perayaan kelahiran tersebut menjadi hal yang
tidak terlupakan dengan membuat kaos raksasa, yang akhirnya di nobatkan MURI
sebagai kaos terbesar dengan gambar budaya jogja terbesar di indonesia. Kaos
budaya JOGJA T-SHIRT dengan konsep desain unik, yang mengangkat mitos, legenda
sehingga segala bentuk abtraksi budaya yang tersirat dalam kehidupan dan sejarah
kebudayaan yogyakarta. JOGJA T-SHIRT ini juga memiliki visi dan misi sebagai
berikut :
C.
VISI
Menjadi
peusahaan T-SHIRT terbaik di asia.
D.
MISI
Menciptakan
berbagai macam kaos JOGJAT-SHIRT yang berkualitas
Memenuhi
kebutuhan manusia akan T-SHIRT
E.
SISTEM PENYIMPANAN
DAN PENGELUARAN BAHAN BAKU DAN BAHAN JADI
Sistem penyimpanan bahan baku
di lakukan dengan terlebih dahulu. Pengeluaran bahan baku di proses menjadi
kaos T-SHIRT atau bahan jadi lalu di simpan di dalam gudang, sebelum
penyimpanan dilakukan, terlebih dahulu di kontrol kualitas kaos T-SHIRT biar
layak untuk di jual, dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
F.
MASA ANTISIPASI
Masa antisipasi atau masa
simpan bertahun-tahun lamanya.
G.
MASA PEMASARAN
Dalam sistem pemasaran ini
produk yang di hasilkan JOGJA T-SHIRT di khususkan untuk seluruh masyarakat
indonesia, terutama yogyakarta. Sedangkan sistem pemasaran yang digunakan
adalah sistem pemasaran langsung. Sistem
pemasaran langsung JOGJA T-SHIRT mendisplay untuk berjualan langsung, berjualan
kaos yang terbersar di beberapa lokasi-lokasi strategis di jogja, terutama di
SHOWROOM JOGJA T-SHIRT.
JOGJA T-
SHIRT juga melayani segala bentuk
pemesanan baik di jogja maupun di luar jogja.
H.
PENGOLAHAN LIMBAH
DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN
Dalam usaha mencegah
pencemaran lingkungan industri JOGJA T-SHIRT telah melaksanakan sistem
pengolahan limbah cair yang merupakan sisa-sisa air dan lain-lain yang di
tempatkan dalam bak berkapasitas tinggi dan di beri bakteri aerob. Dengan
adanya bakteri aerob tersebut limbah air menjadi layak untuk di gunakan
misalnya untuk mengaliiri sawah dan lain-lain. agar tidak mencemari limbah air.
Sedangkan limbah padat yang berupa potongan atau sisa-sisa kain lalu di bakar
di tempat tertutup. Sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara. Sehingga JOGJA
T-SHIRT telah memenuhi standar kesehatan dan bisa melestarikan lingkungan dan
menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1.
Produksi industri
kaos di JOGJA T-SHIRT dalam proses pembuatanya sudah memenuhi standar kualitas.
2.
Semua produk
industri kaos di JOGJA T-SHIRT dapat melayani segala bentuk pemesanan baik di
jogja maupun di luar jogja.
3.
Sarana yang di
sediakan oleh perusahaan industri JOGJA
T-SHIRT kepada karyawan sudah memadai.
4.
Kelestarian
lingkungan sangat di jaga terutama di kawasan industri perusahaan JOGJA T-SHIRT.
B.
SARAN
1.
Sebaiknya industri
perusahaan JOGJA T-SHIRT membentuk cabang di sekitar yogyakarta maupun luar
yogyakarta, untuk mengembangkan industri kaos t-shirt tersebut.
2.
Seharusnya
industri perusahaan JOGJA T-SHIRT
membangun tempat perusahaan yang lebih strategis.
3.
Sebaiknya industri
perusahaan JOGJA T-SHIRT perlu meningkatkan kepedulian lingkungan, agar
lingkungan tetap terjaga kebersihanya.
Selanjutnya
saya berharap laporan hasil kunjungan indutri ini di terima dan memuaskan,
akhir kata penyusun mengucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu
tersusunya laporan ini.
http://adf.ly/1m4jAd
http://adf.ly/1m4jAd
Wow, disini juga ada lo kak http://tshirtct.wikidot.com.
ReplyDeleteKak maaf sblumnya,boleh nggk aku minta cntoh pnyuratan izin masuk ke tmpt ini? mau ku jdiin referensi kak🙂
ReplyDelete