RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
![]() |
Nama Madrasah :
MTs N klirong
Mata Pelajaran :
aswaja
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Tanggal Pelaksanaan
: senin, 24 September 2014
Disusun oleh:
Nama
:
Lutfi aoliaul khakim
Prodi/Smster :
PAI/S.I/II B
NIM :
14115361
Tempat
PPL :
MTs N klirong
ISTITUT AGAMA ISLAM
NAHDLATUL 'ULAMA
(IAINU) KEBUMEN
2014
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MTs N klirong
Mata Pelajaran :
aswaja
Kelas/Semester :
VII/I ( satu )
Materi Pokok :
kaidah tasharruf al-imam
manuthun bin maslahah al-ra’iyyah(kebijakan pemimpin harus mengacu kepada
kebaikan rakyat
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI.3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI.4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak yang beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
1.
|
1.3
|
Memahami
yang ada dalam kaidah tasharruf al-imam manuthun bin maslahah al-ra’iyyah
|
1.3.1
1.3.2
1.3.3
1.3.4
1.3.5
1.3.6
|
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
Menjalankan ibadah tepat waktu.
Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi
sesuai agama yang dianut.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan
diri
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan
sesuatu.
|
2.
|
2.2
|
Terbiasa
beribadah dan berdo’a sebagai penerapan isi kandungan Q.S Al-Faatihah, (1),
An-Nas (114), Al-Falaq (113), dan al Ikhlas (112) dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.2.1.
2.2.2
2.2.3
2.2.4
2.2.5
|
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa ragu-ragu.
Mampu membuat keputusan dengan cepat
Tidak mudah putus asa
Berani presentasi di depan kelas
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.1 Peserta
didik dapat mengetahui isi yang ada pada kaidah tasharruf al-imam
manuthun bin maslahah al-ra’iyyah dengan benar setelah membacanya.
1.2 Peserta
didik dapat menyebutkan apa saja yang ada kaidah tasharruf al-imam manuthun bin maslahah
al-ra’iyyah.
D. Materi Pembelajaran
a.
kaidah tasharruf al-imam manuthun bin maslahah al-ra’iyyah
kaidah ini merupakan kaidah
fiqih yang mempunyai aspek horizontal karena dalam implemen tasinya memerlukan
hubungan seorang pemimpin dengan masyarakat atau rakyat yang di pimpin.
Kaidah yang berbunyi kaidah
tasharruf al-imam manuthun bin maslahah al-ra’iyyah mempunyai pengertian
retorik (harfiyyah)kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyat tergantung kepada
maslahat.
Pengertian lebih luasnya adalah
segala sesuatu kehidupan yang meliputi kepentingan rakyat dalam suatu kelompok
atau golongan tertentu harus ditetapkan dengan mekanismemusyawarah.
Hal ini dari terjemahan
tersebut yang menekan kan pada aspek kemaslahatan,karena metode musyawarah
adalah salah satu yang riil untuk mendapatkan suatu kemaslahatan bersama
1. Media
a.
Papan tulis
b.
Microsoft Power Point
2. Alat
a.
Leptop
b.
LCD Proyektor
c.
Kartu Nomor Undian
3. Sumber Belajar
a.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru
mempersiapkan kondisi fisik dan psikis peserta didik untuk memulai
pembelajaran.
b. Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
c. Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar
sesuai dengan program pembiasaan sekolah.
d. Guru bertanya
kabar peserta didik sebelum menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang
akan dicapai yaitu peserta didik mampu menjelaskan Q.S. Al-Faatihah dan
melafalkannya dengan baik.
e.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang
materi sebelumnya dan sebaliknya.
f. Guru
mempersiapkan media berupa tulisan Q.S Al-Faatihah dengan memajangnya
pada papan tulis.
g. Guru
mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Q.S. Al Faatihah.
h. Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi pengamatan, menanya,
eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan Q.S. Al Faatihah.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
· Peserta
didik mengamati dan menceritakan gambar yang ada di buku siswa.
· Peserta
didik mengamati tulisan Q.S. Al-faatihah dan
gambar cara membaca huruf hijaiyyah yang terpasang di papan tulis.
· Peserta
didik menyimak beberapa peserta didik yang ditunjuk pendidik atau dengan
keinginan sendiri untuk membaca Q.S. Al-Faatihah,
secara bergantian.
· Peserta
didik menirukan bacaan Q.S. Al-faatihah mengikuti
salah satu peserta didik yang sedang membaca Q.S. Al-faatihah ayat per ayat.
· Peserta
didik memberikan komentar atau pembetulan terhadap cara membaca Q.S. Al-Faatihah yang dilakukan peserta didik lainnya.
b.
Menanya
· Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa
kelompok dengan salah satu peserta didik yang sudah fasih membaca al-Qur’an
untuk menjadi ketua kelompk.
· Setiap kelompok tidak membedakan antara peserta
didik laki-laki dan perempuan.
· Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan yang
berkaitan dengan arti dan Al-Faatihah, pentingnya membaca Q.S. Al Faatihah, dan isi cerita yang terkandung dalam Q.S. Al Faatihah, serta cara membacanya.
· Setiap kelompok mengambil undian untuk mendapatkan
pasangan tanya jawab.
· Secara bergiliran, setiap kelompok mengajukan dan
menjawab pertanyaan sesuai dengan nomor undian.
· Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan
guru secara bergiliran.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan dan jawaban
guru atas pertanyaan yang diajukan.
c.
Mengumpulkan
informasi dan Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara bersama-sama
membaca ayat demi ayat dalam Q.S. Al Faatihah
sesuai dengan bimbingan guru.
·
Peserta didik membaca buku
sumber untuk menjawab hasil diskusi.
·
Peserta didik berdiskusi tentang
manfaat membaca Q.S. Al Faatihah dalam kehidupan sehari-hari dengan membaca buku sumber.
·
Ketua kelompok membimbing peserta
didik lainnya untuk mempraktikkan cara membaca Q.S. Al Faatihah dengan benar.
·
Peserta didik mengerjakan tugas secara
berkelompok sesuai dengan pemberian guru dengan membaca buku sumber yang
tersedia.
d.
Komunikasi.
· Secara bergantian, setiap kelompok menyampaikan
hasil diskusinya di depan kelas.
·
Peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan atau pertanyaan yang berkaitan dengan hasil diskusi yang
disampaikan salah satu kelompok.
· Setelah
presentasi selesai, setiap kelompok maju ke depan untuk membacakan Q.S. Al Faatihah secara
bersama-sama.
·
Peserta didik yang lain memberikan
tanggapan terhadap cara membaca Q.S. Al Faatihah
yang dilakukan oleh kelompok lain.
·
Masing-masing peserta didik dari
setiap kelompok mempraktikkan cara membaca Q.S. Al Faatihah di depan kelas beserta artinya.
·
Peserta didik dari kelompok lain
menanggapi bacaan Q.S. Al Faatihah yang dilantunkan peserta didik lainnya.
·
Secara bersama-sama, peserta didik
membaca Q.S. Al Faatihah
berulang-ulang.
·
Peserta didik menyalin tulisan Q.S. Al Faatihah di bawah
bimbingan teman sebaya dan guru.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a. Peserta
didik di bawah bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Peserta
didik di bawah bimbingan guru mengadakan refleksi terhadap materi
pembelajaran dalam bentuk tanya jawab untuk mengukur pemahaman peserta didik.
c. Guru
mengadakan penilaian hasil belajar tentang pemahaman terhadap Q.S. Al Faatihah dan cara membacanya.
d. Guru
memberikan umpan balik berdasarkan penilaian proses dan hasil belajar..
e. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
f. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk menghafal Q.S. An-Nas sebagai materi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang.
g.
Guru dan Siswa menutup kegitan pembelajaran
dengan mengucapkan “ALHAMDULILLAHIROBBIL’ALAMIN”.
h.
Guru Mengakhirinya dengan Salam “Wassalamu’alikum Wr Wb.
|
10
menit
|
F. Penilaian
1.
Jenis Penilaian : Tes dan
non tes
2.
Teknik Penilaian : Tertulis,
lisan, observasi
3.
Bentuk Instrumen : Pilihan
ganda, essay, tes lisan, dan penilaian
sikap
4.
Pedoman Penskoran dan Penilaian
a.
Tes Tertulis
1)
Pilihan Ganda
a)
Pedoman Penskoran
- Jawaban betul skor =
1
- Jawaban salah skor = 0
- Skor maksimal = 5
b)
Pedoman Penilaian

2)
Diskusi
tentang Q.S Al Faatihah
a)
Pedoman Penskoran
No
|
Kriteria
|
Indikator
|
Rentang nilai
|
1
|
Sangat
baik
|
Diskusinya
baik, rapi, dan benar
|
3.66
– 4
|
2
|
Baik
|
Diskusinya baik, rapih, dan kurang benar.
|
2.66
– 3.65
|
3
|
Kurang
baik
|
Diskusinya kurang baik, kurang rapi dan kurang benar.
|
1.66
– 2.65
|
4
|
Tidak
baik
|
Diskusinya
kurang baik, tidak rapi, dan tidak benar.
|
0.00
– 1.65
|
b) Pedoman Penilaian

b.
Tes Lisan (membaca dan menghafal Q.S. al-Falaq)
1)
Pedoman Penskoran
No
|
Kriteria
|
Indikator
|
Rentang nilai
|
1
|
Sangat
baik
|
Semua bacaan sesuai makhraj
dan tajwid
|
3.66 – 4
|
2
|
Baik
|
bacaan
tidak sesuai makhraj dan tajwid
|
2.66
– 3.65
|
3
|
Kurang
baik
|
Sebagian
besar bacaan kurang sesuai dengan makhraj dan tajwid
|
2.66
– 2.65
|
4
|
Tidak
baik
|
Semua
bacaan tidak sesuai dengan makhraj dan tajwid
|
0.00
– 1.65
|
2)
Pedoman Penilaian

Gombong, 17 September 2014
Guru
Mata Pelajaran
Siti Nur
Lailiyah, S.Pd.
NIP.
|
|
Praktikan
Luthfah Azizah
NIM: 2114423
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. H. Sugeng Purwanto, M.Pd
NIP. 19601114 199003 1 002
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Soal Latihan
Lampiran 1
1.
Instrumen penilaian
pemahaman
a.
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda
silang (X) pada huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang benar!
1.
Arti dari al-Faatihah adalah....
A. Penutupan
B. Pembukaan
C. Istirahat
D. Manusia
2.
Jumlah ayat dalam
Q.S Al
Faatihah ada... ayat.
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
3.
Salah satu manfaat
dari membaca Q.S. al-Faatihah
adalah....
A. Menjadi anak yang selalu membaca Basmallah menyakini.
B. Mendapatkan rejeki yang banyak
C. Terlindung dari godaan syetan
D. Terhindar dari pencurian
4.
Perhatikan kutipan
ayat di bawah ini!
Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÌÈ
Kutipan ayat tersebut merupakan ayat ke... dalam Q.S.
al-Faatihah
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
5.
Ayat terakhir dari
Q.S. al-Faatihah adalah....
|
A.
|
B.
|
C.
|
D.
6.
2. Instrumen penilaian kemampuan membaca
Lembar
Penilaian
Kemampuan
Membaca Q.S. al-Falaq
Kelas : ____________
Semester : ____________
Tema : ____________
1.
Perintah
Berilah skor 1, 2, 3, dan 4 pada
kolom kelancaran, tajwid, dan makhraj dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Sangat
baik
|
Apabila bacaan lancar, sesuai
tajwid, dan makhrajnya benar.
|
2
|
Baik
|
Apabila bacaan kurang lancar,
sedikit kesalahan tajwid, dan sedikit kesalahan makhraj, tetapi sebagian
besar bacaan sesuai
|
3
|
Kurang
baik
|
Apabila bacaan kurang lancar,
sebagian besar bacaan tidak sesuai tajwid dan makhraj
|
4
|
Tidak
baik
|
Apabila tidak lancar, tidak
sesuai tajwid dan tidak sesuai makhraj
|
2.
Aspek
Penilaian
No
|
Nama
|
Kategori
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
||
Kelancaran
|
Tajwid
|
Makhraj
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pedoman Penilaian
Skor maksimal = 4 x 3 option = 12

4.
Kriteria
Penilaian
No
|
Kriteria
|
Rentang nilai
|
Predikat
|
1
|
Sangat baik
|
3.66 – 4
|
A
|
2
|
Baik
|
2.66 – 3.65
|
B
|
3
|
Kurang baik
|
1.66 – 2.65
|
C
|
4
|
Tidak baik
|
0.00 – 1.65
|
D
|
...............................
Guru
Mapel
..................................
NIP.
LEMBAR OBSERVASI
PENILAIAN SIKAP
- Identitas
Madrasah : MTs N Gombong
Materi : Al-Qur’an Hadits
Kelas : VII
- Petunjuk
Berilah
skor 1, 2, 3 dan 4 pada kolom indikator jawaban dengan ketentuan sebagai
berikut:
1. Tidak Pernah, jika pernyataan tidak sesuai dengan kenyataan
2. Kadang-kadang, jika pernyataan lebih banyak tidak sesuai dengan
kenyataan
3. Sering, jika pernyataan lebih banyak sesuai dengan kenyataan
4. Selalu, jika pernyataan sesuai dengan kenyataan
C.
Indikator Pengamatan
No
|
Spiritual
|
Disiplin
|
1.
|
Berdoa dengan khusuk
|
Masuk kelas tepat waktu
|
2.
|
Menjawab salam dengan baik
|
Mentaati tata tertib
|
3.
|
Berdoa setelah pembelajaran
|
Mengumpulkan tata tertib
|
4.
|
Menjawab salam di akhir
pembelajaran
|
|
D.
Aspek Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Spiritual
|
Disiplin
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
|||
1
|
|
4
|
3
|
2
|
3
|
12
|
3
|
|
4
|
3
|
1
|
8
|
2,6
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Pedoman Penskoran dan
Penilaian
1. Skor minimal setiap indikator =
1
2. Skor maksimal setiap indikator =
4
3. Skor maksimal setiap sikap =
jumlah indikator x 4
4. Nilai setiap sikap ditentukan dengan rumus :
|
Kebumen,
...........................2014
Guru
(Luthfah Azizah)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP DISIPLIN
A.
Identitas
N a
m a : ……………………………
No
Urut : …..
Kelas : VII
B.
Petunjuk
Berilah check
list (V) pada jawaban yang tersedia dengan ketentuan
TP =
Tidak Pernah, jika pernyataan tidak sesuai dengan
kenyataan
KD =
Kadang-kadang, jika pernyataan lebih banyak tidak
sesuai dengan kenyataan
SR =
Sering, jika pernyataan lebih banyak sesuai dengan
kenyataan
SL =
Selalu, jika pernyataan sesuai dengan kenyataan
C.
Aspek Penilaian
No
|
Indikator
|
Jawaban
|
||||
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
|||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
3
|
Mentaati tata tertib
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengumpulkan tata tertib
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|||||
NILAI
|
|
|||||
KRITERIA
|
|
D.
Pedoman Penskoran dan Penilaian
1. Skor jawaban TP =
1
2. Skor jawaban KD =
2
3. Skor jawaban SR =
3
4. Skor jawaban SL =
4
5. Skor minimal setiap indikator =
1
6. Skor maksimal setiap indikator =
4
7. Skor maksimal setiap sikap adalah jumlah indikator x 4
8. Nilai setiap sikap ditentukan dengan rumus :
![]() |
Skor Perolehan

Skor maksimal
Kebumen,
...........................2014
Penilai
(Luthfah Azizah)
LEMBAR PENILAIAN ANTAR
TEMAN
A.
Identitas Penilai
Nama :
No
Urut :
Kelas : VII
B.
Petunjuk
Berilah
skor 1, 2, 3 dan 4 pada kolom indikator jawaban dengan ketentuan sebagai
berikut:
1.
Tidak Pernah, jika pernyataan
tidak sesuai dengan kenyataan
2.
Kadang-kadang, jika pernyataan
lebih banyak tidak sesuai dengan kenyataan
3.
Sering, jika pernyataan lebih banyak
sesuai dengan kenyataan
4.
Selalu, jika pernyataan sesuai
dengan kenyataan
C.
Indikator Pengamatan
No
|
Spiritual
|
Disiplin
|
1.
|
Berdoa dengan khusuk
|
Masuk kelas tepat waktu
|
2.
|
Menjawab salam dengan baik
|
Mentaati tata tertib
|
3.
|
Berdoa setelah pembelajaran
|
Mengumpulkan tata tertib
|
4.
|
Menjawab salam di akhir
pembelajaran
|
|
D.
Aspek Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Spiritual
|
Disiplin
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
||
1
|
Muhtarom
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Pedoman Penskoran dan
Penilaian
1. Skor minimal setiap indikator =
1
2. Skor maksimal setiap indikator =
4
3. Skor maksimal setiap sikap adalah jumlah indikator x 4
4. Nilai setiap sikap ditentukan dengan rumus :
![]() |
Skor Perolehan

Skor maksimal
Kebumen,
...........................2014
Siswa
(Luthfah Azizah)
JURNAL PENILAIAN SIKAP
A.
Identitas
Madrasah : MTs
N Gombong
Kelas :
VII
B.
Petunjuk
Berilah skor pada indikator
jawaban dengan ketentuan:
0 =
Jika siswa tidak menunjukkan perilaku sesuai dengan pernyataan
1 = Jika siswa menunjukkan perilaku sesuai
dengan pernyataan
C.
Indikator Pengamatan
No
|
Spiritual
|
Disiplin
|
1.
|
Berdoa dengan khusuk
|
Masuk kelas tepat waktu
|
2.
|
Menjawab salam dengan baik
|
Mentaati tata tertib
|
3.
|
Berdoa setelah pembelajaran
|
Mengumpulkan tata tertib
|
4.
|
Menjawab salam di akhir
pembelajaran
|
|
D.
Aspek Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Spiritual
|
Disiplin
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
||
1
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Pedoman Penskoran dan
Penilaian
1. Skor minimal setiap indikator =
0
2. Skor maksimal setiap indikator =
1
3. Skor maksimal setiap sikap adalah jumlah indikator x 1
4. Nilai setiap sikap ditentukan dengan rumus :
Skor Perolehan

Skor maksimal
Kebumen,
...........................2014
Guru
(Luthfah Azizah)
Lembar
Penilaian
Kemampuan
Membaca/Menghafal* Q.S. Al-Fatihah
Kelas : VII
Hari/Tanggal : ...............................................................
A.
Petunjuk
Pengisian
Berilah skor 1,
2, 3, dan 4 kolom aspek yang tersedia dengan ketentuan:
1.
TIDAK BAIK : Skor
=1, Apabila membacanya tidak sesuai dengan ketentuan
2.
KURANG BAIK : Skor
=2, Apabila membacanya kadang-kadang sesuai dengan ketentuan namun dan sering tidak sesuai dengan ketentuan
3.
BAIK : Skor = 3, Apabila membacanya
sesuai dengan ketentuan, namun pernah tidak sesuai dengan ketentuan
4.
SANGAT BAIK : Skor = 4, Apabila membacanya sesuai dengan
ketentuan
B.
Aspek Obsevasi
No
|
Nama
Siswa
|
Jawaban
|
Skor
|
Nilai
|
Kriteria
|
||
Tajwid
|
Kelancaran
|
Makharijul Huruf
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
C.
Pedoman
Penskoran dan Penilian
1.
Penskoran
-
Skor maksimal
per aspek = 4
-
Skor minimal
per aspek = 1
-
Skor maksimal = 12
2.
Penilaian

3.
Kriteria Nilai
A.
SangatBaik : 3.33 - 4.00
B. Baik : 2.33 - 3.32
C. Cukup : 1.33 - 2.32
D.
Kurang : 0 -
1.32
Kebumen,
...........................
(Luthfah Azizah)
* Kriteria menghafal dan
membaca al-Qur’an tidak jauh berbeda. Dalam membuat instrumen, pilih salah satu
praktik, membaca atau menghafal.
Kunci Jawaban
1.
A
2.
C
3.
C
4.
B
5.
D
No comments:
Post a Comment