RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Oleh
Nama :
RAMBAT WIGATI
NIM : 2124591
Prodi :
PAI/SI/Tarbiyah
Semester : VI.A
Satuan Pendidikan : MA Salafiyah Wonoyoso
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/Semester : X / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 1x 35 menit
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 5 Februari 2015
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(IAINU) KEBUMEN
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MTs Salafiyah Wonoyoso
Materi Pokok : Kondisi Masyarakat makkah sebelum Islam
Kelas / Semester :
X/Ganjil
Hari / Tanggal :
Senin, 2 Februari 2015
Alokasi Waktu :
1x 35 menit ( 1 Pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jaab, peduli
(toleransi,gotong royong,)santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI.3.Memahami pengetahuan
(faktual,konseptual dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan tekhnologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak semata.
KI.4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
3
|
3.1
|
Memahami kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
|
menjelaskan
keadaan
masyarakat kota
Mekkah sebelum Islam
Menyebutkan sesembahan masyarakat Makkah sebelum Islam
Menjelaskan budaya masyarakat
Makkah sebelum Islam
Mendeskripsikan keadaan
masyarakat Makkah sebelum Islam
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang Kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam ,peserta didik mampu:
a.
Setelah memperhatikan penjelasan dari guru dan mengamati
gambar tentang keadaan Masyarakat Makkah
sebelum Islam, peserta didik dapat menjelaskan Kondisi
Masyarakat Kota Makkah Islam dengan benar.
b. Dengan membaca buku sumber tentang Kondisi
Masyarakat Makkah sebelum Islam, peserta didik dapat menyebutkan sesembahan masyarakat Makkah
sebelum Islam dengan benar.
c. Dengan berdiskusi dan
merangkum materi tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam,peserta didik dapat menjelaskan budaya masyarakat Makkah
sebelum Islam dengan benar.
d. Dengan melihat vidio tentang Kondisi masyarakat Makkah
sebelum Islam, peserta didik dapat mendeskripsikan Kondisi
masyarakat Makkah sebelum Islam dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam
1. Sistem Peribadatan Bangsa Quraisy
Sebelum
Islam
Pada permulaanya bangsa Arab Quraisy telah
mengikuti dan meyakini ajaran agama Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yaitu agama
Hanifiyah, “hanif” artinya benar dan lurus. Karena itu sejak dulu,
ajaran tauhid sudah mengakar di hati masyarakat Arab. Pembauran dan pergaulan
dengan bangsa lain mempengaruhi kepercayaan mereka, tetapi seiring berjalannya
waktu, ajaran tersebut mengalami perubahan, penambahan dan pengurangan yang
dilakukan oleh para pengikutnya yang tidak bertanggung jawab. Kemudian muncul
berbagai ajaran yang meragukan dan akhirnya jatuh menjadi penyembah berhala yang
dibawa oleh Amr bin Luay al Khuzai.
Beberapa bentuk pemujaan yang dianut oleh
bangsa Arab sebelum datangnya agama Islam:
1. Menyembah Malaikat, di antara bangsa
Arab ada yang menyembah berhala
dan menuhankan Malaikat. Di kota Mekkah ada
sebagian bangsa Arab
yang menganggap bahwa Malaikat itu adalah
putera-puteri Tuhan
2. Menyembah jin, ruh dan hantu sebagian
bangsa Arab yang menyembah
hantu, jin dan ruh-ruh leluhur mereka atau
menganggap batu-batu sebagai
makluk yang terhormat. Bahkan di suatu
tempat jin yang terkenal dengan
nama ”Darahim” mereka selalu mengorbankan
binatang-binatang di
tempat itu agar selamat dan terhindar dari
segala bencana.
3. Menyembah bintang-bintang, yang dimaksud
bintang-bintang adalah
matahari, bulan dan bintang-bintang yang
gemerlap cahayanya pada malam
hari, mereka menganggap bintang-bintang
tersebut diberikan kekuasaan
penuh oleh Tuhan untuk mengatur alam ini.
4. Menyembah berhala, sebagian bangsa Arab
menyembah berhala atau arcaarca
yang terbuat dari batu, kayu dan logam yang
mereka buat sendiri dan
dengan selera mereka sendiri uantuk
kemudian mereka sembah.
5. Agama Yahudi dan Nasrani (Kristen),
agama Yahudi mulai masuk ke Jazirah Arab
tahun 1491 SM, mula – mula di Mesir pada zaman Nabi Musa as. Sedangkan agama
Nasrani (Kristen) masuk ke Jazirah Arab kira-kira abad ke-4 M, agama Nasrani
berkembang di Jazirah Arab karena mendapat bantuan dari kerajaan Romawi dan
Habsyi. Sebelum Islam, orang-orang Arab Quraisy juga banyak percaya pada
takhayul, antara lain:
·
Di dalam setiap perut orang ada ular, perasaan lapar
timbul karena ular menggigit usus manusia.
·
Mereka biasa mengenakan cincin dari
tembaga atau besi, dengan keyakinan untuk menambah kekuatan.
·
Bila mereka mengharapkan turun hujan, mereka mengikatkan rumput kering pada ekor kambing.
Budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
Penduduk Makkah hidupnya tidak menetap,mereka tinggal di
pedalaman, yaitu masyarakat Badui, yang mata pencahariannya beternak.
Mereka berpindah pindah dari satu lembah ke lembah yang lain mencari rumput
untuk hewan ternaknya. Bidang pertanian dikerjakan oleh suku-sukuyang bertempat
tinggal di daerah-daerah subur, terutama mereka yang mendiamidaerah subur di
sekitar oase seperti Thaif .
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: Pendekatan saintifik
2. Metode:
a.
Ceramah interaktif
b.
Pengamatan
c.
Tanya Jawab
d.
Diskusi
e.
Penugasan
E. Media, Alat, dan Sumber
Belajar
1. Media
a. Video
b. Power
point tentang Kondisi Masyarakat makkah
sebelum Islam.
2. Alat
a.
Laptop
b.
LCD Proyektor
c.
Papan
tulis
d.
Penghapus
3.
Sumber Belajar
a.
Buku Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam MA kelas X, jakarta PT Lista
Farista
b.
Kementrian Agama RI 2014. Buku siswa
Sejarah Kebudayaan Islam Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 MA Kelas X.(jakarta:
Kementrian Agama).
c.
Kementrian Agama RI 2014. Buku Guru
Sejarah Kebudayaan Islam Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 MA Kelas X.(jakarta:
Kementrian Agama).
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam dan
berdoa bersama untuk
memulai pembelajaran.
b. Guru memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
c. Guru memulai pembelajaran dengan berdo’a terlebih dahulu bersama siswa.
d. Guru memotivasi peserta
didik dan mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang telah lalu.
e. Guru memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari Kondisi Masyarakat makkah sebelum Islam.
f. Guru mempersiapkan
multimedia berbasis ICT atau media lain sebagai penunjang kegiatan
pembelajaran.
g.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi pengamatan, menanya,
eksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan Kondisi Masyarakat makkah sebelum Islam
h. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar tentang Kondisi Masyarakat makkah
sebelum Islam.
·
Peserta didik membaca buku sumber tentang Kondisi Masyarakat Makkah
sebelum Islam.
·
Peserta
didik berdiskusi dan merangkum materi
tentang Kondisi Masyarakat Makkah
sebelum Islam.
·
Peserta didik melihat vidio tentang Kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam..
b.
Menanya
·
Setelah mengamati video,gambar serta bagan dalam power
point, guru memberi stimulus kepada peserta didik agar penasaran terhadap apa
yang diamatinya.
·
Guru memotivasi
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan
apa yang telah diamatinya.
·
Guru tidak menjawab langsung pertanyaan-pertanyan
siswa, melainkan melempar pertanyaan tersebut kepada peserta didik yang lain.
·
Guru memberikan
penguatan materi tersebut dengan memberi penjelasan terhadap pertanyaan dan
jawaban serta tanggapan dari peserta didik sebelumnya.
c.
Mencoba
·
Peserta didik
mengemukakan hasil pengamatan video , gambar dan peserta lain mendengarkan.
·
Peserta didik secara
terkelompok menggali informasi tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.
·
Guru memberi
tugas siswa secara berkelompok untuk merangkum dan menyebutkan Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.
d.
Mengumpulkan informasi dan Mengasosiasikan
·
Menganalisis,
Mengoreksi dan memperbaiki hasil diskusi Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.
·
Melakukan perumusan hasil penggalian informasi
tentang Kondisi Masyarakat Makkah
sebelum Islam.
e.
Komunikasi.
·
Peserta didik
membacakan hasil diskusi tentang Kondisi
Masyarakat Makkah sebelum Islam.
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
yang telah dikemukakan
peserta didik tentang materi Kondisi
Masyarakat Makkah sebelum Islam.
|
20 menit
|
3.
|
Penutup
a. Guru bersama peserta didik menyimpulkan dan
melakukan refleksi terhadap pembelajaran
b. Guru memberi apresiasi
terhadap hasil kerja siswa
c. Guru menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
d. Guru memberikan umpan balik berdasarkan penilaian
proses dan hasil belajar.
e. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
f. Guru bersama-sama dengan murid menutup
pelajaran hari ini.
g. Guru menutup pelajaran dengan membaca
hamdalah bersama-sama.
|
10 menit
|
G.
Penilaian
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai
berikut:
1. Sikap
Spiritual
a. Teknik
penilaian :Penilaian diri
b. Bentuk
instrument :Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
yang dinilai
|
Format
penilaian
|
1.
|
Berdoa dengan khusuk sebelum memulai
pelajaran
|
Terlampir
|
2.
|
Menjawab salam dengan baik
|
Terlampir
|
3.
|
Memberi salam saat memulai dan mengakhiri
presentasi
|
Terlampir
|
4.
|
Mengucapkan syukur pada awal presentasi
|
Terlampir
|
5.
|
Memulai pekerjaan dengan membaca basmalah
|
Terlampir
|
6.
|
Mengakhiri pekerjaan dengan membaca hamdalah
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap
Sosial
a. Teknik
penilaian :Penilaian antar teman
b. Bentuk
instrument :Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
yang dinilai
|
Format
penilaian
|
1
|
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
|
Terlampir
|
2
|
Menerima resiko
dari tindakan yang dilakukan
|
Terlampir
|
3
|
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
Terlampir
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
Terlampir
|
5
|
Mengakui dan
meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
Terlampir
|
6
|
Menepati janji
|
Terlampir
|
7
|
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
Terlampir
|
8
|
Melaksanakan apa
yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik
penilaian :Tes tertulis
b. Bentuk
instrument :Lembar tes
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum
Islam
|
Jelaskan keadaan masyarakat Makkah sebelum Islam.
|
2
|
Menyebutkan sesembahan masyarakat Makkah sebelum Islam
|
Sebutkan sesembahan masyarakat Makkah sebelum Islam.
|
3
|
Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
|
Apa budaya
masyarakat Makkah sebelum Islam.
|
Instrumen: Terlampir
I.
Pengayaan
·
Peserta didik yang
sudah menguasai materi, diharuskan mengerjakan soal pengayaan Menjelaskan
budaya masyarakat Makkah sebelum Islam.yang telah disiapkan oleh guru
J. Remedial
Peserta
didik yang belum menguasai materi akan diberikan perlakuan khusus (pilih salah
satu):
1. Peer
teaching yaitu belajar dengan teman sebaya, lalu guru melakukan penilaian ulang
Guru memberikan tugas individu merangkum
materi Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam.
K. Interaksi Guru dan
Orang Tua
Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang
tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon,
tentang perkembangan
Pembimbing
Sobari Waluyo Sejati, M. Pd.
NIP.
|
Kebumen, 2 Februari 2015
Praktikum
Rambat Wigati
NIM. 2124591
|
Lampiran-lampiran:
1.
Silabus
2.
Instrumen
Penilaian
3.
Lembar
Pengamatan
4.
Copy Materi
dari Buku Sumber
5.
Lembar Saran
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual
Kelas :
____________
Semester :
____________
Tema :
____________
1.
Perintah
Berilah skor 1, 2, 3, dan 4 pada kolom aspek penilaian
dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Tidak Pernah
|
Apabila tidak pernah sesuai dengan pernyataan
|
2
|
Kadang-kadang
|
Apabila pernah sesuai pernyataan dan lebih
banyak tidak pernah
|
3
|
Sering
|
Apabila lebih banyak sesuai pernyataan
|
4
|
Selalu
|
Apabila selalu sesuai pernyataan
|
2.
Aspek Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek Pengamatan
1. Berdoa dengan khusuk sebelum memulai pelajaran
2. Menjawab salam dengan baik
3. Memberi salam saat memulai dan mengakhiri
presentasi
4. Mengucapkan syukur pada awal presentasi
5. Memulai pekerjaan dengan membaca basmalah
6. Mengakhiri pekerjaan dengan membaca hamdalah
3.
Pedoman
Penskoran dan Penilaian
Skor minimal per item = 1
Skor maksimal per item = 4
Jumlah Skor Maksimal = 24

4.
Kriteria Penilaian
No
|
Kriteria
|
Rentang nilai
|
Predikat
|
1
|
Sangat baik
|
3.66 – 4
|
A
|
2
|
Baik
|
2.66 – 3.65
|
B
|
3
|
Kurang baik
|
1.66 – 2.65
|
C
|
4
|
Tidak baik
|
0.00 – 1.65
|
D
|
Kebumen, 1 Januari 2015
Praktikum
( Rambat Wigati )
Lembar Penilaian
(sosial) Antar Teman
Sikap Tanggung Jawab
Nama yang dinilai :
____________ No/Kelas : ____________
Semester :
____________ Tema : ____________
1.
Perintah
Berilah skor 1, 2, 3, dan 4 pada kolom aspek penilaian
dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
1
|
Tidak Pernah
|
Apabila tidak pernah sesuai dengan pernyataan
|
2
|
Kadang-kadang
|
Apabila pernah sesuai pernyataan dan lebih
banyak tidak pernah
|
3
|
Sering
|
Apabila lebih banyak sesuai pernyataan
|
4
|
Selalu
|
Apabila selalu sesuai pernyataan
|
2.
Aspek Penilaian
No
|
Pernyataan
|
Penilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko
dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui dan
meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
6
|
Menepati janji
|
|
|
|
|
7
|
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan apa
yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
||||
Nilai
|
|
||||
Predikat
|
|
3.
Pedoman
Penskoran dan Penilaian
Skor minimal per item =
1
Skor maksimal per item =
4
Skor maskimal setiap anak =
32
Jumlah Skor Maksimal =
256 (32 x jumlah penilai)

4.
Kriteria Penilaian
No
|
Kriteria
|
Rentang nilai
|
Predikat
|
1
|
Sangat baik
|
3.66 – 4
|
A
|
2
|
Baik
|
2.66 – 3.65
|
B
|
3
|
Kurang baik
|
1.66 – 2.65
|
C
|
4
|
Tidak baik
|
0.00 – 1.65
|
D
|
...................................
( Nama Siswa )
Instrumen Penilaian Aspek
Pengetahuan
Nama Siswa :.......................................
Kelas/Semester :.......................................
Teknik penilaian : Tes Tertulis
No
|
Kompetensi
yang dinilai
|
Jawaban
|
1
|
Jelaskan keadaan Masyarakat Makkah sebelum Islam
|
Keadaan masyarakat
Makkah dan Madinah pada saat Islam belum datang yaitu sesat, masyarakat
Makkah suka menyembah berhala.
|
2
|
Sebutkan sesembahan
masyarakat Makkah sebelum Islam
|
·
Menyembah malaikat
·
Menyembah jin
·
Menymbah bintang-bintang
·
Menyembah berhala
|
3
|
Sebutkan budaya
masyarakat Makkah sebelum Islam
|
Penduduk Makkah hidupnya tidak
menetap,mereka tinggal di pedalaman, yaitu masyarakat Badui, yang mata
pencahariannya beternak. Mereka berpindah pindah dari satu lembah ke lembah
yang lain mencari rumput untuk hewan ternaknya. Bidang pertanian dikerjakan
oleh suku-sukuyang bertempat tinggal di daerah-daerah subur, terutama mereka
yang mendiamidaerah subur di sekitar oase seperti Thaif .
|
1. Pedoman Penskoran dan Penilaian
Skor minimal per item =
1
Skor maksimal per item =
4
Jumlah Skor Maksimal =
12

LEBAR PENGAMATAN
Sekolah : MTs Salafiyah
Mata
pelajaran : Pendidikan agama Islam
Kelas/
Semester : VI.A / 1
Hari/
Tanggal : selasa, 2 Fubrari 2015
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Skor Akhir
|
Nilai Akhir
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Keseriusan
|
|||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor
kuantitatif (angka skala 100)
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Keseriusan
|
||||||
A
|
Sangat aktif
|
40
|
A
|
Sangat tepat
|
30
|
A
|
Sangat Serius
|
30
|
B
|
Aktif
|
30
|
B
|
Tepat
|
25
|
B
|
Serius
|
25
|
C
|
Cukup
|
20
|
C
|
Cukup
|
20
|
C
|
Cukup
|
20
|
D
|
Kurang
|
10
|
D
|
Kurang
|
15
|
D
|
Kurang
|
15
|
DAFTAR PESERTA DIDIK MTs Salafiyah
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kelas: VII. Semester: Ganjil
NO ABSN
|
NAMA
|
L/P
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
AFIF NURUL FAJRIYAH
|
L
|
|
|
|
|
2.
|
AMAN KUNANTHI
|
L
|
|
|
|
|
3.
|
AMIR SYAEFUL ANAM
|
L
|
|
|
|
|
4.
|
AMRIN SHOLIH
|
P
|
|
|
|
|
5.
|
ARIF RIZQIANA WIBOWO
|
P
|
|
|
|
|
6.
|
ARIF SAEFUR ROHMAN
|
P
|
|
|
|
|
7.
|
ARIYANTO
|
P
|
|
|
|
|
8.
|
DANU SETIAWAN
|
L
|
|
|
|
|
9.
|
DIAH AGIT SETYO UTAMI
|
L
|
|
|
|
|
10.
|
DRAJAT MUSTAKIM
|
L
|
|
|
|
|
11.
|
EKA YULIANTI
|
P
|
|
|
|
|
12.
|
FATIMATUS ZAHRO
|
P
|
|
|
|
|
13.
|
HANI FADILAH
|
P
|
|
|
|
|
14.
|
IMAM MAKHRUF
|
L
|
|
|
|
|
15.
|
KHOERUL ANAM
|
L
|
|
|
|
|
16.
|
KHUROTUL NGAENIYAH
|
P
|
|
|
|
|
17.
|
LATIF NURKHOLIS
|
L
|
|
|
|
|
18.
|
MISBAKHUL UMAM
|
L
|
|
|
|
|
19.
|
MOH. AMIN
|
L
|
|
|
|
|
20.
|
MUHIMATUN SOLIKHAH
|
P
|
|
|
|
|
21.
|
NI’MATUL KHASANAH
|
P
|
|
|
|
|
22.
|
NISA AMINATUS SOLIKHAH
|
P
|
|
|
|
|
23.
|
NUR AZIZAH
|
P
|
|
|
|
|
24.
|
NUR AZIZAH
|
P
|
|
|
|
|
25.
|
RAHAYU PURWANTI
|
P
|
|
|
|
|
26.
|
SITI ASLIYATUL JANNAH
|
P
|
|
|
|
|
27.
|
SOIMATUN KHOFIYAH
|
P
|
|
|
|
|
28.
|
UPI TALESTARI
|
P
|
|
|
|
|
29.
|
WAHYU SEPTIAWAN
|
L
|
|
|
|
|
30.
|
WANDA RAKHMAWATI
|
P
|
|
|
|
|
31.
|
WIWIT WULANDARI
|
P
|
|
|
|
|
32.
|
ZENDI RAHMAT FATONI
|
L
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
L
|
13
|
|
|
|
|
|
P
|
19
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
32
|
|
|
|
|
LEMBAR SARAN
No comments:
Post a Comment